Tugas Desain Antarmuka [ Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer]


  1. Apakah sebenarnya tujuan dari desain itu ? Kaitkan juga dengan prinsip- prinsip yang mendukung penggunaan!
      Tujuannya adalah untuk membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin dalam hal mencapai tujuan pengguna.
Pengaturan persepsi visual manusia dapat melihat objek secara koheren, mengenali benda yang terletak pada jarak yang berbeda serta perbedaan warna.
Persepsi ukuran size, mengidentifikasi obyek yang sama walaupun obyek tersebut memiliki ukuran yang berbeda.
Persepsi cahaya, pengaturan jumlah cahaya yang dipantulkan oleh objek.
Kemampuan warna, pemilihan warna yang baik dan sesuai dalam desain antarmuka
  1. Apakah yang harus kita lakukan agar fokus pada desain?
      Perancang harus mempunyai hubungan langsung dengan pengguna sesungguhnya atau calon pengguna melalui interview, survei, partisipasi dalam workshop perancangan. Karena hal ini penting untuk kebutuhan user dan fungsi dari perangkat lunak itu sendiri yang akan di desain
  1. Dalam merancang antar muka agar mendapatkan hasil yang maksimal kita dapat menggunakan beberapa ”Prinsip”. Sebutkan dan jelaskan prinsip- prinsip tersebut!
       A. Pertama-tama fokus pada pengguna (user requirement)
Perancang harus mempunyai hubungan langsung dengan pengguna sesungguhnya atau calon pengguna melalui interview, survei, partisipasi dalam workshop perancangan.
B.  Perancangan terintegrasi (prototyping)
Perancangan harus mencakup antarmuka pengguna, sistem bantuan, rencana pelatihan, dokumentasi pengguna, dukungan teknis serta prosedur instalasi dan konfigurasi.
C.  Dari awal berlanjut pada pengujian pengguna (usability measurement)
Satu satunya pendekatan yang sukses dalam perancangan system yang berpusat pada pengguna adalah secara empiris dibutuhkan observasi tentang kelakuan pengguna, evaluasi umpan balik yang cermat, wawasan pemecahan masalah dan motivasi yang kuat untuk mengubah rancangan.
D.  Perancangan interatif (spiral model)
            Sistem yang sedang dikembangkan harus didefinisikan, dirancang, dites berulang kali
            berdasarkan hasil tes kelakuan dari fungsi, antarmuka, sistem bantuan, dokumentasi pengguna
            dan pendekatan pelatihannya.






Comments

Popular posts from this blog

Desain Antarmuka