Tugas Desain Antarmuka [ Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer]
- Apakah sebenarnya tujuan dari desain itu ? Kaitkan juga dengan prinsip- prinsip yang mendukung penggunaan!
Tujuannya adalah untuk membuat interaksi pengguna
sesederhana dan seefisien mungkin dalam hal mencapai tujuan pengguna.
Pengaturan persepsi visual manusia dapat melihat
objek secara koheren, mengenali benda yang terletak pada jarak yang berbeda
serta perbedaan warna.
Persepsi ukuran size, mengidentifikasi obyek yang
sama walaupun obyek tersebut memiliki ukuran yang berbeda.
Persepsi cahaya, pengaturan jumlah cahaya yang
dipantulkan oleh objek.
Kemampuan warna, pemilihan warna yang baik dan
sesuai dalam desain antarmuka
- Apakah yang harus kita lakukan agar fokus pada desain?
Perancang harus mempunyai hubungan langsung dengan
pengguna sesungguhnya atau calon pengguna melalui interview, survei,
partisipasi dalam workshop perancangan. Karena hal ini penting untuk kebutuhan
user dan fungsi dari perangkat lunak itu sendiri yang akan di desain
- Dalam merancang antar muka agar mendapatkan hasil yang maksimal kita dapat menggunakan beberapa ”Prinsip”. Sebutkan dan jelaskan prinsip- prinsip tersebut!
A. Pertama-tama fokus pada pengguna (user requirement)
Perancang harus mempunyai hubungan langsung dengan
pengguna sesungguhnya atau calon pengguna melalui interview, survei,
partisipasi dalam workshop perancangan.
B. Perancangan terintegrasi (prototyping)
Perancangan harus mencakup antarmuka pengguna, sistem bantuan, rencana
pelatihan, dokumentasi pengguna, dukungan teknis serta prosedur instalasi dan
konfigurasi.
C.
Dari awal berlanjut pada pengujian pengguna (usability measurement)
Satu satunya pendekatan yang sukses dalam
perancangan system yang berpusat pada pengguna adalah secara empiris dibutuhkan
observasi tentang kelakuan pengguna, evaluasi umpan balik yang cermat, wawasan
pemecahan masalah dan motivasi yang kuat untuk mengubah rancangan.
D. Perancangan interatif (spiral model)
Sistem yang sedang
dikembangkan harus didefinisikan, dirancang, dites berulang kali
berdasarkan
hasil tes kelakuan dari fungsi, antarmuka, sistem bantuan, dokumentasi pengguna
dan pendekatan pelatihannya.
Comments
Post a Comment